Biaya Pengacara Mengurus Perceraian

Biaya Pengacara Mengurus Perceraian

Biaya Pengacara Mengurus Perceraian

Berapa sih… Biaya atau Tarif Jasa Pengacara Dalam Mengurus Perceraian? Sebelum Menentukan Pengacara dalam mengurus kasus keluarga baik seperti Perceraian, Hak Asuh Anak, Harta Bersama dan kasus lainnya, ada baiknya hati-hati mengingat banyak orang yang mengaku-ngaku sebagai seorang Pengacara padahal dia bukan pengacara, untuk itu langkah awal yang perlu diperhatikan adalah carilah informasi apakah yang bersangkutan benar-benar pengacara resmi atau bukan? Anda bisa meminta untuk  memperlihat kartu Advokat atau melihat atau berkunjung ke kantornya. Pada umumnya kartu tanda sebagai anggota Pengacara atau Advokat berasal dari organisasi PERADI yang resmi, kemudian cek kantornya apakah ada atau tidak dan dimana letak kantornya, namun untuk kantor dimana saja tidak jadi masalah karena wilayah kerja kantor Pengacara adalah seluruh Indonesia.

Anda akan sulit mendapatkan info mengenai Pengacara perceraian karana sesungguhnya pengacara tidak boleh mengiklankan dirinya di suatu media massa, baik di koran, majalah, tv dan sejenisnya. Hal tersebut melanggar kode etik profesionalisme kepengacaraan. Namun dalam rubrik ini perlu dikemukakan biaya pasaran penggunaan jasa pengacara untuk perkara perceraian. Dianggap perlu diinformasikan berapa biaya pengacara perceraian karena pada umumnya orang yg menghadapi perkara perceraian ingin menggunakan jasa pengacara namun sering terkendala akan tingginya biaya jasa pengacara.

Jasa pengacara perceraian relatif lumayan mahal bagi orang yg berbudget minim karena jasa pengacara bisa saja 10 kali lipat lebih dari biaya pendaftaran perkara gugatan di pengadilan. Kenapa biaya jasa pengacara mahal? kenapa bisa mahal? Karena mereka adalah pakar dalam bidangnya dan umumnya bekerja secara kelompok (team), dan juga untuk mendapatkan izin sebagai advokat tidaklah mudah, kecuali kalau pengacara rumahan atau yang bekerja sendiri yang jiwanya hanya ingin membantu bukan sebagai profesi berkelanjutan dalam keseharian.

Dalam penanganan kasus Perceraian biasanya kantor Pengacara memiliki mekanisme perhitungan tersendiri, antara satu pengacara dengan pengacara yang lain berbeda-beda bahkan bisa jauh berbeda, namun secara umum biaya ini terdiri dari ada biaya Pengadilan, Biaya Jasa Pengacara dan Biaya Transport setiap kali sidang.

Setelah semua persyaratan perceraian lengkap, baru anda menemui atau memilih pengacara atau advokat untuk konsultasi lanjut terkait dengan proses atau tatacara penanganan kasus, mengenai kontrak, mengenai biaya, dan sebagainya. Terkait dengan biaya perceraian kami akan jelaskan bahwa pada umumnya biaya pengacara dalam penanganan kasus perceraian tersebut biasanya terbagi dengan 3 (tiga) rincian yang dapat kai jelaskan sebagai berikut:

  1. Lawyer Fee atau Jasa Pengacara, setiap pengacara atau tim pengacara tentu memiliki tarif yang berbeda tergantung kasus dan lokasi atau tempat pengajuan misalnya kasusnya salah satu pihak tidak setuju bercerai, saksi yang tidak begitu kuat, atau lingkungan pengadilan yang dinilai mengancam keamanan Pengacara. namun secara umum untuk tarif jasa pengacara biasanya Kisaran Rp 8.000.000,- (delapan juta rupiah) sampai dengan Rp 35.000.000,- (Tiga Puluh Lima Juta Rupiah), namun bisa mencapai angka Rp 100.000.000,- (saratus juta rupiah) dan juga bisa dikenakan biaya Succes Fee tergantung Tim Pengacaranya misalnya pengacaranya mempunyai pendidikan tinggi, pengalaman tinggi, nama terkenal atau bisa dilihat dari sisi kasusnya yang dinilai cukup berat;
  2. Biaya Transport, setiap kantor pengacara atau pengacara perseorangan tentu membutuhkan uang transport setiap datang ke Pengadilan untuk menangani kasus atau hadir dalam persidangan, untuk biaya antara pengacara yang satu dengan yang lain berbeda-beda namun gambaran secara umum adalah tergantung harga tiket Kerata, Bus, Travel, Pesawat, makan, hotel dan biaya taksi. namun jika jarak kantor dengan pengadilan hanya berkisar 30 menit sampai 60 menit biasaya dikenakan biaya sekitar Rp 250.000 (Dua ratus lima puluh ribu rupiah) hingga Rp 1.000.000,- (Satu Juta rupiah), namun jaraknya melebihi 60 (enam puluh) menit tentu ada perhitungan sendiri namun ini harus disepakati dengan pengacaranya masing-masing;
  3. Biaya Panjar Pengadilan, setiap kasus Perdata baik itu kasus perceraian maupun kasus perdata lainnya akan dikenakan biaya panjar pada saat mengajukan Gugatan atau Permohonan, untuk biaya panjar pengadilan tentu berbeda-beda juga tergantung jarak atau radius Penggugat dan Tergugat dengan pengadilan tempat pengajuan perceraian tersebut semakin jauh maka akan semakin besar namun untuk kisaran antara Rp 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) sampai Rp 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah).

Biaya-biaya tersebut di atas merupakan harga patokan saja, karena tentunya setiap kantor pengacara mempunyai standard tarif yg berbeda-beda. Bahkan terkadang penggunaan jasa pengacara di zaman sekarang sudah seperti membeli baju ber-merk. Selain itu, perlu diketahui dan dimengerti bahwa suatu jasa pengacara umumnya ditentukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:

  1. Biaya gaji para pegawainya atau staf kantor jika itu kantor pengacara
  2. Biaya operasional kantornya (sewa kantor, kertas, tinta, printer, listrik, pulsa, dll.
  3. Biaya transport. Jika pengadilan yg memproses perkara cerai jaraknya jauh dari kantor si pengacara maka tentu pengaruh terhadap biaya tranportasinya, mengingat si pengacara akan sering bolak-balik sampai 10 kali sidang ke pengadilan.
  4. Waktu & tenaga si pengacara. Pergi bersidang tentunya memakan waktu berjam-jam, bahkan umumnya disaat ia pergi bersidang waktunya akan habis 1 hari penuh hanya untuk kepengurusan 1 sidang perkara cerai. Selain itu perlu diingat bahwa 1 perkara cerai umumnya dilalui 8-10 kali tahapan sidang. Dan 1 proses perkara cerai umunya selesai dalam waktu 4-5 bulan. Jadi dapat dibayangkan terhadap jasa pengacara yg Rp 15jt itu diperuntukkan untuk pengerjaan 4-5 bulan, tentu bukanlah sekali bayar lalu langsung perkara selesai seperti kita membeli emas di toko emas…Tidaklah seperti itu pekerjaan pengacara. Dibutuhkan rencana dan ketelitian yg tinggi dalam menghadapi suatu perkara perceraian.
  5. Ilmu. Para pengacara adalah para profesional murni yg (seharusnya) handal dan pakar pada bidangnya tersebut. Oleh sebab itu jika suatu perkara cerai ditangani oleh pengacara maka selayaknya-lah si pengacara memberikan servis dan strategy perkara yg terbaik bagi klien-nya. Suatu ilmu tentu tidak dapat dihargai dengan apapun apalagi dengan uang, ilmu merupakan bekal dan modal yg dicapai oleh seseorang yg mana bekal dan modal tersebut dapat dipergunakan untuk menghidupi kehidupannya…itulah seorang profesional

Mengenai syarat Pengajuan Perceraian, bahwa sebelum mengajukan Gugatan atau Permohonan Perceraian di Pengadilan atau sebelum menunjuk atau memilih Pengacara / Advokat menangani kasus Cerai ada baiknya anda mempersiapkan segala berkas atau dokumen-dokumen yang dibutuhkan, adapun persyaratan tersebut di antaranya:

  1. Buku Nikah KUA Asli Bagi Muslim / Akte Nikah CAPIL bagi Non Muslim / jika hilang anda dapat mengurus  Duplikatnya;
  2. Identitas Berupa Asli seperti (KTP) atau Surat Keterangan Domisili;
  3. Alamat lengkap Tergugat / Termohon selengkap-lengkapnya jika tidak tahu keberadaanya menggunakan Surat Keterangan dari kelurahan bahwa yang bersangkutan sudah tidak diketahui lagi keberadaannya;
  4. Memikirkan dan menyiapkan saksi untuk di hadirkan pada saat persidangan pemeriksaan saksi nantinya yang tau permasalahan rumah tangga anda minimal 2 (dua) orang, boleh keluarga, teman, atau tetangga.
  5. Berkas Tambahan seperti Akte Anak, KK, Sertifikat atau Surat yang berkaitan dengan Harta Gono-Gini, dan lain-lain jika ada dan diperlukan.

Adapun saran saya untuk menyewa (meng-hire) pengacara, yg utama dan terpenting adalah carilah pengacara yg memiliki izin resmi berupa Kartu Advokat dan Berita Acara Sumpah, selain itu ada perlunya lihat pengacaranya dan alamat kantornya. biar lebih meyakinkan karena banyak selaki oknum tertentu yang mengaku pengacara namun bukan pengacara.

Demikianlah penjelasan kami terkait dengan Biaya Pengacara Mengurus Perceraian, dalam masalah perceraian maka carilah pengacara yg menguasai hukum keluarga atau perceraian silahkan hubungi kami HP/WhatsApp: 0852-2892-6767.

19 tanggapan untuk “Biaya Pengacara Mengurus Perceraian

  1. Saya Mau Tanya nih kalau untuk perkara percerian di daerah Indramayu kena berapa ya Tarif ya saya mau terima beresnya Aja, suaranya apa aja. Posisi saya di Hongkong

    Saya Tanya dulu ya Mba atau mas

  2. Ass wr wb, mohon tanya bila masalahnya sering KDRT, sang wanita takut untuk cerai karna di ancam harus bagaimana? Di sisi lain sang wanita tinggal di rumah suami tapi ingin pisah.. Mohon solusinya… Di rumah pihak suami sang wanita sudah tak nyaman karna sifat lelakinya.. Sddikit sedikit main tangan.. Daerah gombong kebumen jawa tengah klo boleh tau berpaa biaya sewanya sampai selesai…

  3. Pak, saya lagi membantu adik saya lelaki mencari pengacara perceraian di jakarta.dengan kasus istri selingkuh dan menghabiskan harta suami.untuk proses perceraian dibutuhkan data surat nikah asli.dalam hal ini si istri tidak mau cerai dan surat nikah diumpatin sehingga adik saya tidak ada surat nikah asli.yang ada hanya foto copy surat nikah.apa bisa tetap di tindak lanjut gugat cerainya

  4. selamat siang pak,,,bagaimana ya pak posisi seorang istri yg tidak mau di ceraikan,krn suami menjalin hubungan dengan wanita lain,tetapi suami menolak mengurus perceraian dia maunya istri yg menceraikan sedangkan yang menikahkan lelakinya,kemungkinan besar s suami mau melakukan kecurangan terhadap istri krn ingin terlepas dr biaya,posisi istri bekerja d hongkong,dr melahirkan semua biaya hidup anak2(kembar)istri di bantu pihak keluarga istri mencukupi kebutuhan anak2nya..apakah sah perceraian tanpa persetejuan istri pak,dan apakah istri bisa menuntut secara hukum di ceraikan secara sepihak tanpa mendapatkan hak2 utk anak2nya ,selama ini s suami sama sekali tidak membantu kebutuhan hidup anak2nya

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat