Buka Jam 08.00 - 16.00 WIB

085228926767

0274 4291154

kantorpengacara_ram@yahoo.com

roy_alminfa@yahoo.co.id

Menu

Legal Opinion

0 Comments

Setiap advokat atau orang yang praktik dibidang hukum tentu sering mendengar kata “legal opinion”, sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia hukum tentu kita akan sering , kita akan sering berhubungan dengan banyak orang dalam lingkup pekerjaan maupun diluar pekerjaan sebagai seorang advokat. Dan kita akan menemui berbagai orang baik dengan mereka yang mengerti hukum maupun tidak mengerti hukum. Banyak orang-orang yang akan menanyakan masalah-masalah dan bagaimana pendapat kita sebagai orang hukum terhadap masalah yang mereka hadapi. Untuk itu tentu kita harus dapat menjawab dan menjelaskan dengan penjelasan yang semudah mungkin sehingga dapat dimengerti oleh mereka yang kurang mengerti tentang hukum yaitu melalui mekanisme “legal opinion”.

Apa sih yang di maksud dengan legal opinion? Menurut Henry Campbell Black legal opinion adalah “Sekumpulan dokumen tertulis yang dijadikan padanan aplikasi bagi para pengacara atau pengertian pendapat hukum yang berkaitan dengan berbagai masalah hukum dari para pihak terkait dengan fakta-faktanya. Seorang pengacara bisa saja secara pribadi mewakili berbagai aspek peraturan institusi hukum yang mengatur tentang hal itu. Salah satu pihak berhak untuk meyakinkan pendapat hukum, tergantung dari faktor-faktor identitas para pihak terkait yang dibuat oleh seorang pengacara melalui pendapat hukum dan undang-undang yang mengaturnya”.

Menurut Prof. Dr. Hamzah Halim, SH., MH “bahwa objek dari legal opinion itu timbul dari adanya suatu fenomena atau polemik yang sangat dilematis yang disebabkan dari implikasi hukum itu sendiri, serta mempunyai akses yang sangat luas di dalam masyarakat, sehingga diperlukan suatu bentuk penjabaran yang konkret, aktual, dan faktual, untuk mengeliminasi topik persoalan yang menjadi pengunjingan tersebut di dalam masyarakat”.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat