Alasan Tarif Pengacara Berbeda

 Berikut ini saya jelaskan faktor-faktor penyebab tinggi rendahnya biaya jasa advokat atau pengacara :

  • Nama Pengacara
    Siapa yang tidak kenal pengacara senior Hotman Paris Hutapea, seorang pengacara kondang yang namanya sudah sering terdengar di berbagai media, baik media sosial, media cetak maupun elektronik. Pengacara dengan nama terkenal seperti hotman paris, elza syarif, hotma sitompul, Juniver Girsang dan lain-lain yang merupakan pengacara-pengacara kondang ini tentu akan menerapkan tarif yang berbeda dengan tarif pengacara lain yang tidak setenar mereka.

  • Wilayah atau kota tempat tinggal pengacara
    Jangan salah loh, wilayah atau kota tempat tinggal juga sangat mempengaruhi besaran tarif atau biaya jasa pengacara. Mungkin agan sista pernah mendengar atau membandingkan sendiri tarif yang diberikan pengacara di kota A mahal, sedangkan tarif pengacara di kota B murah, padahal keduanya sama-sama mengurus kasus yang sama.Perbedaan tarif ini memang wajar, karena biasanya pengacara juga menyesauikan dengan keadaan. Lebih mudahnya coba agan sista bandingkan harga sewa rumah di Jakarta dengan harga sewa rumah di kota Tasikmlaya, meskipun kedua rumah tersebut memiliki fasilitas yang sama, tapi harga rumah di Tasikmalaya tentu akan lebih murah jika dibandingkan dengan harga rumah di Jakarta.
  • Jenis Perkara
    Jenis perkara yang ditangani oleh pengacara juga menjadi faktor yang menentukan tinggi rendahnya biaya jasa advokat (pengacara). Hal ini memang wajar mengingat beda perkara, maka akan beda juga penanganan atau solusi untuk perkara tersebut.Misalnya antara perkara permohonan izin nikah dibawah umur atau yang biasa disebut dengan permohonan dispensasi kawin dengan perkara sengketa lahan, tentu saja perkara permohonan dispensasi kawin biayanya akan lebih rendah daripada mengurus perkara sengketa lahan.
  • Kondisi Client
    Percaya atau tidak, hampir semua pengacara menentukan tarif setelah mengetahui kondisi keuangan calon client mereka. Beberapa pengacara bahkan memberikan layanan bantuan hukum gratis bagi client yang benar-benar tidak mampu.Faktor ini berhubungan erat dengan hati nuarani seorang pengacara. Tentu akan tidak elok jadinya, jika client yang tidak mampu tersebut harus berhutang kesana kemari, hanya untuk membayar jasa pengacara karena tersandung masalah hukum.Meskipun beberapa pengacara memberikan layanan secara cuma-cuma bagi client yang tidak mampu, tapi jangan sekali-kali agan sista berbohong, mengaku tidak mampu padahal orang yang mampu. Bisa-bisa nanti agan sista malah dituntut melakukan tindak pidana penipuan. ih ngeri.
  • Jam Terbang Pengacara
    Meskipun tidak selalu berpengaruh, tapi biasanya faktor jam terbang ikut mempengaruhi besaran biaya jasa advokat atau pengacara. Pengacara baru yang baru kemaren sore mungkin akan mengenakan tarif lebih rendah daripada pengacara senior yang sudah berpengalaman.

    Hal ini memang wajar, mengingat pengacara baru tersebut selain belum banyak dikenal orang juga kualitasnya masih dipertanyakan, sehingga pengacara baru tersebut mencoba melakukan promosi dengan menekan harga lebih rendah daripada pengacara yang sudah senior.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *